Tips Bila Mata Bintitan

Pernahkan Anda mengalami bintitan ?? Bisul yang tumbuh di kelopak mata memang sungguh merepotkan dan membuat kita tersiksa. Nah, mengapa terjadi bintit dan bagaimana penanganannya.. ??

Bintit atau benjol di kelopak mata ini merupakan peradangan pada folikel atau kantong kelenjar yang sempit dan kecil yang terdapat di akar bulu mata. Dalam bahasa kedokteran disebut hordeolom. Penyebab utamanya bakteri Staphylococcal, akibat kebersihan mata tidak terjaga.

Bila bakteri itu terperangkap dalam kantong air mata atau saluran air mata yang sedang sakit, akan menyebabkan infeksi layaknya jerawat. Kebiasaan menggaruk atau menggosok mata dengan jemari tangan yang tidak bersih juga dapat mempermudah timbulnya bintitan.

Bintit bisa diibaratkan seperti pipa yang tersumbat. Penyumbatan itu membuat minyak yang diproduksi tidak dapat dialirkan dengan sempurna yang akhirnya menyebabkan pembengkakan. Karena itu, gejala bintitan umumnya berupa benjolan berwarna kemerahan pada kelopak mata, terasa sakit dan panas di mata dan akan bertambah sakit bila penderita menundukkan kepala.

Berikut Tips bila Anda Bintitan:

Jangan memencet bintit atau mencoba menghilangkan nanah sebelum waktunya.
Untuk meringankan rasa sakit dan agar bintit cepat matang, rendam kapas bertangkai dalam air hangat lalu kompreskan ke kelopak mata selama 10 menit, empat kali sehari.

Saat bintit mengecil, jaga area itu agar senantiasa bersih dan kering.

Selalu mencuci tangan dengan sabun dan jangan menyentuh mata, guna mencegah infeksi berulang dan penyebaran infeksi.

Cegah kekambuhan dengan menjaga kebersihan tepi kelopak mata. Bila kotor bersihkan dengan sabun bayi dicampur air hangat menggunakan kpas bertangkai.

Oleh: Anggawa Artha

0 komentar:

Posting Komentar